Sistem Manajemen Anti-Suap

ISO 37001

ISO 37001 | Sistem Manajemen Anti-suap

ISO 37001 adalah Sistem Manajemen Anti-suap yang saat ini sedang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) menjadi ISO 37001:2016. Standar ini bertujuan untuk mencerminkan prinsip-prinsip yang ada, seperti bimbingan pada undang-undang penyuapan, dan membuat mereka dapat diakses. ISO 37001 akan memberikan pemahaman yang seragam dan tolak ukur yang sesuai untuk pengembangan, implementasi, operasi dan meningkatkan sistem manajemen anti-suap di berbagai jenis organisasi. ISO 37001 ini menentukan berbagai langkah-langkah dan kontrol bahwa perusahaan harus menerapkan untuk mencegah dan mengungkap penyuapan dan korupsi.

Jadi ISO 37001 menetapkan secara logis bagaimana sistem anti-suap manajemen dapat berfungsi. Karena ini adalah standar berbasis risiko, analisis risiko memainkan peran khusus. Risiko diidentifikasi, dianalisis dan dievaluasi untuk menentukan persyaratan kepatuhan dan menetapkan kendali. Dengan demikian, ISO 37001 menetapkan serangkaian langkah-langkah dan kontrol yang berurusan dengan penyuapan dan dimaksudkan untuk mencegah dan menemukannya untuk meminimalkan risiko korupsi.

Manfaat

ISO 37001 menyediakan persyaratan minimum dan penjelasan yang berguna untuk melaksanakan dan pembandingan sistem manajemen anti-suap. Standar ini fleksibel dan dapat digunakan oleh semua jenis organisasi di negara manapun. Ini mencakup perusahaan-perusahaan dari semua ukuran, Yayasan, Asosiasi, pemerintah dan organisasi lain, baik swasta dan publik khususnya bagi manajer, investor, karyawan, pelanggan dan stakeholder lainnya.

 Pedoman Anti-korupsi, prosedur dan kontrol
 Kepemimpinan, komitmen dan tanggung-jawab oleh top-level manajemen
 Pengawasan oleh manajemen
 Pelatihan anti korupsi
 Risiko
 Risiko evaluasi (due diligence) untuk proyek dan mitra bisnis
 Pelaporan, monitoring, investigasi, pengawasan
 Langkah-langkah perbaikan dan perbaikan terus-menerus